MAKNA MERDEKA

Merdeka, satu kata berjuta makna. Apa sih sesungguhnya arti merdeka. Merdeka secara bahasa berarti bebas. Merdeka itu bebas dari penjajahan. Yap Indonesia sudah merdeka, karena sudah bebas atau lepas dari penjajahan. Namun apakah berarti Indonesia sudah merdeka dalam arti sesungguhnya. Apakah makna merdeka hanya itu.?

 

Merdeka memiliki makna selain bebas dari penjajahan. Makna merdeka lebih jauh dari hanya sekedar terbebas dari penjajahan.

 

Di antara makna merdeka adalah :

Merdeka itu ketika kita adalah bangsa ini terbebas dari kebodohan. Karena kebodohan, membelenggu manusia dari kreatifitas berpikir. Oleh karenanya Islam mewajibkan belajar sepanjang hayat, agar terhindar dari kebodohan.

 

Merdeka itu ketika indonesia terbebas dari kemiskinan, hingga kesejahteraan dapat dicapai. Oleh karenanya Islam mewajibkan umatnya bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya disertai kewajiban berbagi dengan sesama (berupa zakat, infak, sedekah dan wakaf).

 

Merdeka itu ketika keadilan tercipta untuk rakyat. Keadilan dapat tercipta dengan hadirnya pemimpin yang adil. Keadilan tercipta ketika orang menjalankan perintah tuhannya.

 

Merdeka itu ketika seseorang memiliki kebebasan berpendapat. Namun kebebasan yang disertai tanggung jawab. Kemerdekaan dalam berpendapat yang disertai tanggungjawab tercipta bila seseorang menjalankan sesuai aturan tuhannya.

 

Merdeka itu ketika aku bisa menulis. Karena dengan menulis, dapat mengungkapkan segala rasa dan idea untuk menggapai asa. Tentu hal inipun dapat tercipta bila aku menjalankan perintah Allah.

Masih banyak makna merdeka untuk setiap orang.

 

SEJATINYA MERDEKA ITU KETIKA DAPAT MENJALANKAN PERINTAH SANG PENCIPTA.

 

Salam Perindu Literasi